Selasa, 10 Februari 2009

Mukota Kadin Cilegon Dorong Dua Rekomendasi


Oleh : Rapih Herdiansyah
Blockquote
05-Jan-2009, 22:16:02 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - Cilegon, Perangkat Steering Comitte (SC) Mukota III Kadin Kota Cilegon telah merumuskan dua rancangan rekomendasi yang nantinya harus dijalankan oleh kepengurusan baru Kadin periode yang akan datang. Rancangan rekomendasi itu terdiri atas dua hal, yakni rekomendasi untuk internal dan eksternal.

Ketua SC Mukota III Kadin Cilegon, Isbatullah Alibasja, mengatakan, rekomendasi internal antara lain adalah konsolidasi organisasi, pembinaan terhadap anggota, membangun kemitraan, serta koordinasi dengan pemerintah daerah dan perusahaan BUMN/BUMS.

Sementara rekomendasi eksternal yang dibuat adalah menyangkut persoalan krisis global yang terjadi saat ini. Krisis keuangan itu dinilai berdampak besar bagi Cilegon, baik adanya pengaruh dari fluktuasi dollar maupun demand (permintaan).

“Hal ini berakibat pada pengurangan proyek BUMN/BUMS. Oleh karena itu rekomendasi Kadin secara eksternal adalah mendorong pemerintah menggerakkan proyek infrastruktur. Ini dilakukan untuk menstabilkan kondisi ekonomi, sehingga uang akan berputar di daerah. Hal ini juga senada dengan yang disarankan dalam Munas V Kadin di Jakarta beberapa waktu lalu,” jelas Isbat, yang menjabat sebagai Wakil Ketua Kadin Bidang Lingkungan, Energi dan Sumber Daya Alam ini.

Menurut Isbat untuk menstabilkan kondisi ekonomi, proyek infrastruktur perlu didorong, seperti jalan, jembatan serta infrastruktur di pedesaan. Kadin juga mendorong agar proyek di APBD berlangsung transparan, fair dan professional dan lebih terbuka bagi semua pengusaha di Cilegon.

“Jadi semua anggota Kadin nanti diarahkan ke pelaksanaan proyek di yang dibiayai APBD. Ini untuk memberdayaan pengusaha lokal, karena yang paling stabil pembiayaan APBD tidak terlalu berpengaruh dengan adanya krisis global,” kata Isbat. (Rapih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar